Resensi Novel Winter in Tokyo

Oleh Jasmine Hasna



Identitas buku :
Judul : Winter in Tokyo
Pengarang : Ilana Tan
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2008
Total halaman : 322 halaman
Kota terbit : Jakarta
Orientasi :
          Winter in Tokyo adalah salah satu novel karya Ilana Tan. Buku ini juga difilmkan. Film tersebut dirilis pada 11 Agustus 2016.

Sinopsis :
          Novel ini menceritakan tentang kisah drama romantis antara Keiko dan Kazuto. Keiko adalah seorang wanita blasteran Indonesia - Jepang yang menetap di Tokyo. Kisah antara Keiko dan Kazuto berawal dari pertemuan mereka di apartemen, Kazuto adalah salah seorang yang baru kembalu ke Jepang setelah 10 tahun tinggal di New York.

          Setelah Keiko dan Kazuto saling mengenal, mereka menjadi sangat dekat dan mereka tidak menyadari jika tumbuh benih benih cinta dalam diri mereka. Namun pada suatu hari Keiko tidak sengaja bertemu dengan cinta pertamanya yaitu Kitano Akira. Kitano Akira adalah seorang dokter, yang dulu adalah kakak kelas Keiko. Lalu setelah pertemuan antara Keiko dan Akira sekarang mereka menjadi semakin dekat, dan Keiko menjadi jauh dengan Kazuto.

          Kemudia saat di malam natal Keiko akan pulang ke rumah orang tuanya, dan pada saat itu Keiko di antarkan oleh Kazuto menuju stasiun. Sebelum Keiko pergi Kazuto mengucapkan kata kata yang membuat Keiko bingung " kau bisa melupakan Kitano Akira dan mulai benar benar...... benar benar melihatku?" namun sebelum kazuto menyelesaikan kata katanya kereta keberangkatan Keiko sudah datang dan Kazuto akan mengatakan semuanya setelah Keiko kembali. Setelah Keiko berangkat Kazuto pun pulang, dan ketika sedang berada di perjalanan Kazuto mengalami kejadian yang akhirnya membuat Kazuto lupa ingatan. Lalu saat di hari Keiko kembali Kazuto tidak datang untuk menjemputnya, bahkan sudah sangat lama sekali Kazuto tidak memberi kabar kepada Keiko. Keiko masih menunggu kelanjutan dari perkataan Kazuto yang belum ia selesaikan waktu itu, namun Kazuto sampai sekarang pun tidak ada kabar.

          Dan disaat itu Keiko merasa sangat kehilangan Kazuto,walaupun Keiko sedang bersama dengan Akira. Hingga pada suatu saat Keiko dan Akira pergi ke acara reuni Akira dan kemudian Keiko bertemu dengan Kazuto. Keiko sangat marah kepada Kazuto, karena Kazuto tidak memberikan kabar apa pun kepada Keiko. Namun Kazuto bingung akan semua amarah Keiko karena Kazuto tidak mengingat apapun. Setelah Keiko mengetahui semuanya Keiko merasa sangat sedih, tapi pada suatu hari Kazuto telah mengingat semuanya, mengingat bahwa Keiko adalah orang yang sudah menjadi bagian terpenting dalam hidupnya. Akhirnya Keiko dan Kazuto bersama lagi.

Analisis :
          Akhirnya Kazuto telah mengingat semuanya dan Keiko lebih memilih Kazuto dari pada Akira, dan akhirnya Keiko dan Kazuto pun bersama.

Evaluasi :
          Kelebihannya sampul bukunya menarik, alur ceritanya juga bagus tidak terlalu rumit, kisahnya juga tidak membosankan

          Kekurangannya bahasa ada yang susah dimengerti, bahasanya juga ada yang kurang pas untuk digunakan



Comments

  1. Bagus, bahasanya mudah dimengerti, novel ini menginspirasi pembacanya

    ReplyDelete
  2. Strukturnya jelas dan midah dipahami, ceritanya menarik, membuat pembaca tak bosan untuk membacanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog