Resensi Novel Keki

Oleh: Annisa Rahmadani

Identitas Buku:
Judul Buku:Keki
Pengarang:Sheilanda Khoirunnisa
Penerbit:Penerbit Bintang Belia
Tahun Terbit:2018
Tebal Halaman:278
Kota Terbit:Sleman,Yogyakarta 


Orientasi:
          Keki merupakan salah satu buku karangan Sheilanda Khoirunnisa yang diterbitkan pada tahun 2018, dan telah dibaca oleh banyak pembaca di Wattpad.
          
Sinopsis:
       Novel ini menceritakan tentang seorang anak bernama Sahla yang memiliki kekurangan. Karena kekurangannya tersebut ia selalu menjadi bahan bullyan Sohya dan teman sekelasnya. Cowok jangkung yang selalu membuat jantung Sahla berdebar dan membuat Sahla berlarian tunggang langgang itu bernama Ahyar ia menyukain Ahyar. 
           Sahla telah resmi menjadi anak kelas XI. Setelah melihat kelasnya,Sahla tercengang karena ia satu kelas dengan Ahyar. Sahla memiliki hobi menggambar sudah banyak gambaran yang ia buat,bahkan ia membuat komik tentang kehidupannya dengan Ahyar,dan keinginannya bersama dengan Ahyar untuk kedepannya. Sahla selalu menggunakan helm untuk menutupi rasa malunya dengan Ahyar.
          Ahyar mengetahui Sahla karena pada saat di Rumah Sakit Sahla bertemu dengan Ahyar,dan Ahyar masih mengingatnya. Sahla membuatkan pembatas buku untuk Ahyar yang menggambarkan dia dengan Ahyar,tetapi pada saat Ahyar sudah pulang dari Rumah Sakit,Sahla sangat kebingungan,dan ia melihat seorang yang berkacamata,mirip seperti Ahyar. Sahla kira seseorang yang sekarang ada di kamar tersebut adalah Ahyar teman kecilnya,ternyata ia adalah Ken tetapi Sahla tidak menyadarinya. Sahla pernah mengatakan bahwa ia akan selalu mengingat detak jantung Ken karena detak jantungnya berbeda dengan yang lain.
          Pada saat kecil Ken dan Sahla pernah membuat janji,dan janji tersebut akan dilaksanakan pada saat Sahla berulang tahun. Dan sebentar lagi Sahla ulang tahun,dan Ken meminta agar Ahyar yang melakukannya karena Sahla tidak akan percaya ternyata Ahyar ada 2. Ken dan Ahyar memutuskan untuk bersaing secara sehat untuk mendapatkan Sahla. Dan mereka pun mengatakan bahwa siapapun yang akan dipilih oleh Sahla nanti,mereka harus menerima dengan ikhlas.
          Mengetahui hal tersebut Ahyar mau tak mau mengikuti kemauan Ken dan melakukan kegiatan tersebut bersama Sahla. Di hari ulang tahun Sahla,Ahyar melakukan kegiatan membuka harta karun tersebut dan Ahyar mencoba untuk menjelaskan hal yang sebenarnya. Sahla pun kaget mendengar hal tersebut dan ia memutuskan untuk tidak memilih salah satu diantara mereka dan lebih memilih untuk berteman saja sama sama.
Analisis:
         Novel ini banyak menjadikan pembelajaran bahwa kita harus berteman dengan semua orang,dan harus bersaing secara sehat. Dan jangan membully kekurangan orang lain.Buku ini pembaca diajak untuk memecahkan masalah,emosi dalam membaca buku ini diajak naik turun dan terdapat lelucon lucu
Evaluasi:
          Buku ini memiliki kekurangan yaitu hanya bisa dibaca untuk kalangan remaja dan dewasa karena novel ini menceritakan anak SMA. Novel ini cocok untuk remaja remaja yang ingin nostalgia masa SMA.




   

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog