Resensi Novel Ulysses Moore Penjaga Batu

Ulysses Moore Penjaga Batu
Oleh : Gilang Rizki Prakoso


Identitas buku
Judul : Ulysses Moore Penjaga Batu
Pengarang : Pierdomenico Baccalario
Penerbit : Erlangga
Jumlah halaman : 267
Tahun penerbit di Italia : 2006
Tahun penerbit di Indonesia : 2013
Kota penerbit : Milaho - Italia


Orientasi:

            Ulysses Moore Penjaga Batu merupakan salah satu buku novel yang dikarang oleh orang Italia yaitu Pierdomenico Baccalario yang berjumlah 267 halaman. Pada tahun 2006, novel ini diterbitkan kota Milaho Italia dan masih berbahasa Italia. Lalu pada tahun 2013, Erlangga mendapatkan izin dari penerbit novel tersebut. Dan menerbitkan dengan bahasa Indonesia.


Sinopsis:

             Novel ini menceritakan tentang misteri tentang pintu yang menuju ke ruang waktu. Dalam cerita ini memiliki dua alur, yaitu menceritakan misterinya teman dari Ulysses Moore dan satu lagi menceritakan tentang pencaharian pintu waktu tersebut yang nantinya akan berkaitan.

             Jason mengamati dengan lebih seksama lagi gembok gembok yang kombinasinya hanya dapat terbuka sekali setelah itu akan hancur sendirinya. Ia mempelajari cara membuat kunci khusus yang digunakan para bangsawan Prancis untuk menyembunyikan perhiasan mereka.

            Lalu Jason terkejut dan mulai membuka lembar demi lembar mengenai tiap tahapan persembunyian bangsawan Prancis. Tiba tiba ia lupa terhadap tujuan datang ke perpustakaan yaitu penelitian.

            Ketika lewat di depan rak buku, Calypso hampir menjatuhkan tumpukan novel yang akan ia jajarkan di rak . Sebuah teriakan tertahan di tenggorokannya. Karena belum ada yang ke toko Calypso hingga ia lupa tata Krama. Yang datang adalah Leonard yang bertanya tentang rahasia yang ditemui oleh anak anak London yaitu jason dan teman temannya hingga salah satu dari mereka khawatir  terhadap hal tersebut.


Analisis:

           Buku ini banyak memberikan pelajaran bagi setiap orang. Buku ini memberikan peringatan untuk kita semua bahwa kita harus siap terhadap apa yang kita lakukan dan menerima resikonya dalam hal apapun misal rahasia kita terungkap tapi kita harus menerima resiko yang harus ditanggung.


Evaluasi:

           Buku ini merupakan buku yang bisa saya rekomendasikan untuk para penggemar buku misteri serta alur yang berbeda. Karena kelebihan dari buku ini yaitu memiliki banyaknya misteri dan juga fantasi dari dua alur yang nantinya akan menyambung. Dengan adanya dua alur tersebut kita pun merasa puas dalam membaca buku ini. Hanya saja kekurangannya yaitu buku ini memiliki series yang sebenarnya menyambung karena akan membingungkan bagi yang membaca dari series kedua dan seterusnya. Dan juga kemungkinan besar banyak yang bingung terhadap cerita tersebut, karena adanya dua alur yang sangat sulit memahami bagi sebagian pembaca.

Identitas diri
Nama: Gilang Rizki Prakoso
Kelas: VIII.8
NO.Absen: 13
E-mail: gilangprakoso45467@gmail.com
Id Instagram: @rp.gilang
 Foto dengan buku


Foto saat membaca buku

Comments

Popular posts from this blog