BANYAKNYA PELAJAR YANG KECANDUHAN HP

BANYAKNYA PELAJAR YANG KECANDUHAN HP
Oleh Gilang Rizki Prakoso
(Eramuslim.com)

       Jaman sekarang banyak orang yang sulit untuk membatasi menggunakan hp. Padahal sejauh yang kita tahu sebenarnya hp itu adalah alat yang kita kendalikan tetapi kita yang diperalatkan oleh alat tersebut yaitu hp. Orang tersebut bisa dibilang tergila-gila terhadap hp tersebut. Terutama pada anak remaja seperti jenjang SMP hingga perguruan tinggi.

       Pada saat ini penyebab orang ketagihan tersebut karena sejak kecilnya sering menggunakan hp. Akibatnya apabila hp tersebut diambil, hilang, rusak, sinyal hilang, kuota habis, sinyal WiFi kurang bagus, low bat, dan sebagainya mereka itu merasa tidak berdaya. Bila dibiarkan, maka bisa terjadi kecanduan yang bisa dibilang berbahaya. Karena apabila terus menerus dibiarkan maka diapun akan terus menerus memandang layar hp dan lupa terhadap lingkungan sekitar. Padahal saat ini  butuh perhatian dari anak muda jaman sekarang. Maksud dari perhatian itu adalah dari segi sosial, budaya, lingkungan, dan lain-lain.

       Saat ini juga remaja SMP harus bisa mengendalikan diri dari hp tersebut. Bila memang hp tersebut penting, maka gunakan dengan sebaik-baiknya dan juga sesuaikan dengan waktunya. Seperti jadwal jam segini bisa buka hp sampai jam sekian. Dengan membatasi menggunakan hp tersebut maka banyak manfaat yang didapat dari pada kerugiannya. Seperti terhindar dari hoaks, stres karena sosial media(komentar dan postingan negatif), dan sebagainya. Maka dari itu cobalah untuk membatasi dan membiasakan diri untuk tidak ketergantungan dengan hp.

       Sudah banyak orang yang stres hanya gara-gara komen negatif sama postingan yang membuat iri. Akhirnya orang tersebut bisa dianggap tergila-gila hingga ia melakukan hal yang negatif seperti selfie di ujung tiang, berfoto di rel kereta api, hingga selfie dikeadaan ekstrim. Padahal dari selfie tersebut ada yang penting, yaitu perhatian terhadap sekitar kita. Untuk mencegahnya, cobalah untuk melakukan hal positif seperti mengaji, berkumpul dengan teman-teman yang baik, berkumpul dengan keluarga, olahraga, dan lain-lain. Jika masih ketagihan dengan hp, lebih baik cobalah seminggu bahkan lebih untuk tidak menggunakan hp. Dengan hal tersebut kita bisa melakukan hal yang lebih baik di dunia nyata ketimbang hanya mengeklik tombol like, love, comment, dan lainnya. Untuk itu kita seharusnya memandang dunia nyata ketimbang dunia maya. Kata orang dunia nanya itu tidak ada batasnya, tetapi kehidupan nyata itu ada batasnya


Identitas:


Nama: Gilang Rizki Prakoso
Kelas : VIII.8
No.Absen: 13
Alamat: Jl sumber waras no 14, samaan                       Klojen, Malang
E-mail: gilangprakoso45467@gmail.com
Instagram:@rp.gilang



Comments

Popular posts from this blog