Krisis Budaya 5S pada Siswa

Krisis Budaya 5S pada Siswa 
oleh : Najwa Arinta Pramesti 


Pengenalan isu:
     Hampir di setiap sekolah terdapat papan penjelasan tentang 5S. Namun, apa yang terjadi bila papan 5S tersebut hanya dibiarkan saja? 5S terdiri dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Kelima hal ini sebenarnya mudah dilakukan namun sulit dibiasakan.

Rangkaian Argumen:
     Hal pertama yang ada dalam 5S adalah Senyum. Senyum merupakan salah satu cara menyapa yang mudah dilakukan. Hanya saja, banyak sekali siswa yang memasang muka murung atau datar kepada temannya saat saling berpapasan. Selanjutnya ada Salam. Salam bisa dilakukan saat seorang siswa datang ke kelas atau kepada guru. Namun, hal tersebut jarang terjadi juga salam hanya dilakukan pada saat awal pembelajaran dan itu pun tidak semua siswa memberi salam kepada gurunya dengan benar. Setelah itu terdapat Sapa. Apabila seorang siswa bertemu siswa lainnya, hendaknya siswa tersebut menyapanya. Hanya saja, hal itu jarang terjadi. Selain antar siswa, menyapa kepada guru pun juga jarang terjadi. Bahkan apabila ada guru lewat, mayoritas siswa hanya melihatnya saja tanpa menyapa ataupun menyalim tangannya. Sopan pada siswa pun sekarang menurun. Banyak sekali siswa yang mulai berani kepada gurunya, berpakaian terbuka, dan lain sebagainya. Yang terakhir adalah Santun. Hendaknya saat siswa berbicara baik pada teman maupun guru haruslah santun dan tidak semaunya sendiri menggunakan bahasa yang kurang sesuai. 

Pernyataan Ajakan:
     Menurunnya budaya ini adalah hal yang mungkin dapat merusak citra bangsa Indonesia karena siswa-siswa ini lah yang nanti akan menjadi penerus bangsa. Apabila mereka tidak bisa menerapkan budaya yang sebenarnya mudah ini dalam kehidupan sehari-hari, Bagaimana mereka akan membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Ayo, kita sesama siswa menerapkan 5S dalam kehidupan. 

Penegasan Ulang:
     Budaya 5S harus diterapkan siswa dalam kehidupan karena hal itu penting untuk menjadikan mereka generasi penerus yang baik. Pleh karena itu, mari kita sebagai siswa bersama-sama melakukan penerapan 5S dalam kehidupan kita.






Identitas:




Nama             : Najwa Arinta Pramesti 
Kelas              : 6.S4.8 (VIII.8)
Asal sekolah : SMPN 3 Malang
Email             : najwa.arinta22@gmail.com 

Comments

  1. In this manner my friend Wesley Virgin's adventure starts in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the army-and soon after leaving-he found hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    These are the same methods many celebrities (especially those who "became famous out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

    You probably know that you use less than 10% of your brain.

    That's because most of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Perhaps this expression has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years back, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car with a suspended driver's license and on his debit card.

    "I'm absolutely fed up with going through life paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of questions, right?

    Your success story is waiting to happen. You need to start believing in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog