KURANGNYA KESADARAN PADA SAMPAH

KURANGNYA KESADARAN PADA SAMPAH
Oleh : Abel Febrian Dadi


          Masalah sampah memang masih menjadi persoalan. Banyaknya sampah yang dihasilkan masyarakat dan kurangnya penanganan menjadi penyebabnya. Banyak sungai yang sudah tercemar karena sampah. Pemerintah telah melakukan penanganan, namun penanganan ini tidak akan ada hasilnya jika belum ada rasa peduli pada masyarakat.

          Masalah ini bisa terselesaikan, asalkan masyarakat bisa diajak bekerja sama untuk menjaga lingkungan. Pemerintah harus turun tangan langsung, dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan demi kenyamanan bersama. Ancaman pemanasan global juga menjadi pendorong agar masyarakat lebih mencintai lingkungan disekitarnya.

          Kita harus memulainya dari hal kecil, seperti memungut bungkus permen dan membuangnya ke tempat sampah. Jangan membuang berbagai macam sampah ke sungai, karena dapat membunuh makhluk hidup didalamnya. Mulailah melakukan 3T yaitu Reduce (mengurangi), kurangilah penggunaan plastik dan Namalihlah ke barang ramah lingkungan. Reuse (menggunakan kembali), gunakankah barang barang bekas anda kembali, untuk mengurangi sampah. Recycle (mengolah kembali), Sampah anorganik dapat di daur ulang menjadi barang barang yang lebih berguna. Sampah organik dapat diolah menjadi kompos, yang berguna sebagai pupuk tanaman. Jangan membakar sampah dilahan terbuka, karena dapat mencemari udara.

          Banyak hal buruk yang akan terjadi jika kita tidak peduli pada lingkungan sekitar. Maka dari itu kita harus menjaga dan mencintai lingkungan demi kelangsungan hidup yang lebih baik.

Identitas :


Nama : Abel Febrian Dadi
Kelas/No : VIII.8 / 01
Asal Sekolah : SMP NEGERI 3 MALANG
Alamat Email : abelfebrian3@gmail.com 

          


Comments

Popular posts from this blog