Pentingnya Mengenali Gangguan Mental Pada Anak

Pentingnya Mengenali Gangguan Mental Pada Anak

Oleh: Shenaz Nasywa Alifa



Gangguan mental adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stress atau kelainan mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia. Banyak anak remaja yang mengalami mental abuse namun diabaikan. Penyebabnya juga bermacam macam, seperti kekerasan pada orang tua, trauma psikologis dan penyebab stres lainnya. Trauma yang dipendam oleh diri sendiri kadang membuat remaja merasa mempunyai beban pikiran dan tidak diceritakan kepada orang lain. Itu adalah faktor yang paling banyak dialami oleh remaja yang memiliki gangguan mental.

 Banyak orang menganggap penyakit mental adalah penyakit yang tidak terlalu penting. Mereka yang mengalami penyakit mental sesalu mengabaikan perasaan itu dan tidak pernah berpikir untuk menceritakan pada orang lain. Padahal, mereka seharusnya mempunyai orang yang dapat mereka percaya untuk menceritakan semua masalahnya. Kasus dari mental abuse memang tidak setenar dengan physic abuse. Namun, orang yang mengalami physic abuse akan merasa trauma dan memengaruhi mental atau pikiran mereka. Pada akhirnya juga, orang tersebut teergolong memiliki gangguan mental.

Oleh karena itu, ayo mengenali dan mempelajari mental abuse untuk kebaikan bersama. Apabila orang disekitarmu merasa stress atau tertekan, hibur dan temani dia. Beri dia kesempatan berbicara dan bercerita agar setidaknya dia merasa tidak menanggung beban hidupnya sendiri.

Jangan perna merasa bahwa mental abuse bukan apa apa. Pikirkan lagi tentang mental abuse karena dampak dari mental abuse sendiri dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Identitas penulis:

Nama: Shenaz Nasywa
Kelas: 6.S4.8
Asal Sekolah: SMPN 3 Malang
Email: shywlfs@gmail.com

Comments

Popular posts from this blog